SMPN 14 Yogyakarta Luncurkan Tiga Buku

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gerakan berbudaya cakap literasi di SMPN 14 Yogyakarta, dengan meluncurkan tiga buah buku, masing-masing Antologi Cerpen ‘Pelajar Pancasila’, Comik Book ‘I Can Do It’ English Club Enthusiasts dan Panduan Aplikasi Penunjang Pembelajaran. Peluncuran oleh Kepala SMPN 14 Yogyakarta Drs Siswanto MPd di lobi sekolah, Kamis (16/12/2021).

“Gerakan ini mendidik siswa agar bijak dalam berliterasi, baik ketika komunikasi langsung maupun ketika menggunakan media sosial. Berpikir kritis tetapi bijak ketika berkomentar. Ketika ada sesuatu yang baru, tidak mengeluh dan tidak mudah menghujat,” kata Siswanto.

Siswanto menambahkan, SMPN 14 sudah meluncurkan lima buku. Sebelumnya sudah meluncurkan dua buku yaitu, ‘Di Balik Jendela Sekolah’ dan ‘Jangan Patah Arang’. Menurutnya cakap berliterasi sudah digulirkan sejak awal pandemi. Gerakan ini akan terus bergulir tidak hanya berhenti di sini.

Kepala Balai Bahasa DIY Drs Imam Budi Utomo MHum mengatakan, kegiatan SMPN 14 Yogyakarta ini mendukung gerakan literasi nasional. Literasi dasar, membaca dan menulis. Menurutnya kata-kata mudah hilang, tetapi kalau tulisan akan menetap. Dengan tulisan orang juga akan dikenal.

Sebagai contoh RNg Ronggowarsito dan Chairil Anwar dikenal karena banyak menulis dan tulisannya sampai sekarang masih ada. Mengomentari Antologi Cerpen Pelajar Pancasila, Imam Budi Utomo mengemukakan, meskipun baru sebatas pemahaman, setidak-tidaknya para pelajar telah mengenal dan memahami butir-butir Pancasila tersebut.

Ketua PGRI Kota Yogyakarta Drs Sugeng Mulyo Subono mengapresiasi gerakan literasi tersebut. Mengingatkan kepada para guru, dalam menghadapi anak milenial, berbeda dengan anak zaman dulu. Menurutnya,siswa SMPN 14 Yogyakarta sudah mampu berkarya dalam wujud tulisan beraneka gagasan, dan pengalaman. Hadir dalam kegiatan itu, perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakara, dan undangan lainnya. (War)

BERITA REKOMENDASI