Soal Matematika Sulit, Sikapi Secara Bijak

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Adanya soal Matematika dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dikeluhkan terlalu sulit perlu disikapi secara bijaksana. Karena pembuatan soal-soal tersebut telah melalui pertimbangan dari sejumlah pihak, tentunya dengan tetap mengacu pada ketentuan yang ada. Namun jika dalam realitanya, soal-soal tersebut masih dikeluhkan oleh sejumlah pihak, karena dianggap terlalu sulit, alangkah baiknya apabila ada evaluasi bersama termasuk dari Kemendikbud.

”Untuk soal Matematika yang dinilai terlalu sulit ada dua versi.Menurut pihak Kemendikbud infonya soal tersebut sudah sesuai dengan kisikisi yang disepakati. Sedangkan versi murid materi dalam soal-soal tersebut belum pernah diajarkan. Guna mengatasi hal itu, semestinya guru dan murid tidak hanya belajar mempersiapkan diri menghadapi UNBK sebatas kisi-kisi saja tetapi harus melampauinya. Artinya yang dipelajari harus luas dan lebih mendalam,” terang pengamat pendidikan dari Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Prof Dr Buchory MS MPd di ruang kerjanya.

Praktisi Pendidikan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Dr Istiningsih MPd berpendapat, tingkat kesulitan soal dalam ujian Mapel Matematika tentu sudah melalui pertimbangan mendalam dari pembuat soal, yang di dalamnya merupakan guru-guru dengan kompetensi mapel tersebut. Apalagi, ujian selama ini menjadi sarana mengukur proses pembelajaran di dalam kelas.

Hanya saja diakuinya, hingga kini metode pembelajaran. Mapel Matematika seringkali tidak berdasarkan konteks, sehingga tidak ada kebermaknaan nilai dan tidak fungsional.

”Padahal, melalui Matematika diharapkan terbangun kemampuan metodologis, konseptualisasi, paham konsep, aplikasi konsep dan memaknai konsep,” papar Istiningsih, yang juga tercatat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga.

Terpisah anggota Dewan Pendidikan DIY Drs Timbul Mulyono MPd menyebutkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sudah mohon maaf melalui youtube memang soalnya taraf kesulitannya dinaikkan maka Kemendikbud akan melakukan evaluasi untuk perbaikan soal yang akan datang.

Timbul menyatakan, sudah tegaskan hasil UNBK tidak menjadi penentu kelulusan. Maka belum pengumuman hasil UNBK hasil SNMPTN sudah keluar jadi siswa dan orangtua siswa tidak perlu resah dengan hasil UNBK. Siswa dengan tahu hasil UNBK harus dijadikan dasar untuk meningkatkan kemampuan kelak di Perguruan Tinggi karena hasil UNBK betul betul murni dan mengetahui kemampuan diri sendiri. (Ria/R-3/War)

BERITA REKOMENDASI