Solidaritas ASP 93/94 Polda DIY, Salam Satoe Djiwa Rekatkan Persaudaraan

SALAM SATOE DJIWA yang menjadi motto Alumni Seba Polri (ASP) 93/94 POlda DIY sekaligus roh seluruh anggota dalam menjalankan aktivitas ekonomi, sosial, dan kemanusiaan. ASP 93/94 Polda DIY merupakan bagian dari ASP Nusantara yang secara keseluruhan anggotanya mencapai 7.300 dari berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan khusus anggota ASP 93/94 Polda DIY jumlah anggotanya 98, yang saat bertugas di jajaran Polda DIY (Polresta Yogya, Polres Bantul, Polres Sleman, Polres Kulonprogo, Polres Gunungkidul, dan Ditlantas Polda DIY).

Komunitas polisi lulusan sekolah bintara (seba) Polri tahun 1993/1994 selalu melakukan interaksi dan komunikasi antaranggota, baik internal maupun eksternal kedinasan. Memasuki usianya yang ke-27 tahun, baik pengurus maupun anggota ASP 93/94 Polda DIY bertekad menunjukkan kiprahnya di sejumlah sektor kehidupan. Paling utama di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), sesuai dengan tugas mereka sehari-hari di kepolisian. Meski demikian, mereka juga berupaya untuk menunjukkan diri sebagai bagian dari kehidupan masyarakat, dengan berkecimpung di sektor sosial, ekonomi, kemanusiaan, maupun keagamaan.

Khusus untuk kegiatan yang berkaitan dengan profesi, pengurus dan anggota ASP 93/94 Polda DIY berusaha menjalin kebersamaan sekaligus mempererat solidaritas. Saling mendukung dalam upaya penegakan hukum dan menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjadi prioritas, lantaran mereka terikat dalam satu komunitas. Sedangkan secara eksternal, mereka berusaha berbaur dengan masyarakat untuk membuktikan bahwa polisi merupakan pelayan, pelindung, dan pengayom masyarakat. “Kita buktikan bahwa polisi merupakan sahabat masyarakat,” kata Pembina ASP 93/94 Polda DIY AKP Sultonudin SH MH.

Bukti paling anyar perihal aktivitas sosial dan kemanusiaan pengurus dan anggota ASP 93/94 Polda DIY adalah kegiatan bakti sosial (baksos) di sejumlah daerah yang tertimpa bencana, mulai dari tanah longsor, banjir, dan gempa bumi. Selain memberikan bantuan berupa bahan makanan, diberikan pula santunan dalam bentuk uang (meskipun jumlahnya terbatas). Mengenai pembentukan ASP Nusantara maupun ASP 93/94 Polda DIY, Sultonudin menjelaskan sebagai upaya merekatkan ikatan emosional dan batin antaranggota alumni sekolah bintara Polri tahun 93/94. Dengan motto ‘Salam Satoe Djiwa’ mereka berusaha merekatkan persaudaraan.

BERITA REKOMENDASI