Solusi Cetak SDM Unggul

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Prioritas pemerintah ke depan adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, agar Indonesia punya daya saing. Setelah fokus pada pengembangan infrastruktur sebagai upaya meletakkan dasar pembangunan nasional. Kini, SDM menjadi sektor penting untuk ditingkatkan kualitas kompetensinya.

Demikian disampaikan Moh Amir Syarifuddin ST MM, Kasubdit Instruktur Lembaga Pelatihan Swasta Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam acara Pelatihan Upgrading Pelatih di Tempat Kerja (Mentor Pemagangan) di Hotel Tara Yogyakarta, Minggu (8/12/2019).

Hadir dalam acara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY dr Andung Prihadi S MKes, Koordinator Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) DIY Robby Kusumaharta dan Hazwan Iskandar Jaya selaku narasumber pelatihan dari Komite Vokasi dan Produktivitas Daerah (KVPD) DIY.

Amir Syarifuddin menyampaikan di hadapan 25 peserta pelatihan, Kementerian Ketenagakerjaan melalui Ditjen Binalattas telah melakukan langkah-langkah kongkrit untuk menyiapkan SDM yang kompeten. Yakni melalui pelatihan dengan metode pemagangan.

“Pemagangan menjadi salah satu upaya pemerintah menyiapkan SDM kompeten dalam berbagai sektor, bidang dan profesi. Maka untuk melaksanakan pemagangan yang baik dan benar perlu disiapkan SDM pelatih pemagangan di industri. Kementerian menyiapkan para mentor, koordinator dan master pemagangan di berbagai perusahaan yang akan melaksanakan program pemagangan di berbagai daerah. Termasuk di DIY," jelas Amir.

Tahun 2019 ini, Dijten Binalattas mencetak SDM Pelatih Pemagangan sebanyak 4.300 orang, terdiri 2.000 mentor, 2.000 koordinator dan 300 master. Maka partisipasi perusahaan, Pemerintah Daerah dan akademik menjadi penting dalam hal menyiapkan SDM Unggul.

Kepala Dinas Nakertrans DIY dr Andung mengatakan, DIY sudah melangkah lebih maju. DIY sudah menyiapkan infrastruktur dan ekosistem peningkatan SDM Tenaga Kerja. Kerja sama dengan pihak Kadin Jerman (IHK Trier), Kadin DIY, FKJP dan lain-lain menjadi salah satu upaya menyiapkan pelatih di tempat kerja yang profesional.

"DIY menjadi sumber SDM unggul untuk disumbangkan kepada Indonesia. Pengembangan bisnis pariwisata, ekonomi kreatif dan budaya menjadi basisnya. Tentu harus ditunjang dengan SDM yang kompeten,” ujar Andung. (Dev)

BERITA REKOMENDASI