Sosialisasi Bandara NYIA Harus Gencar

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelaku industri pariwisata di DIY meminta kepada PT Angkasa Pura (I) Persero maupun Dinas Pariwisata (Dispar) DIY meningkatkan sosialisasi maskapai penerbangan yang sudah siap beroperasional di bandara baru DIY pada April 2019. 

Apabila dilakukan sosialisasi lebih dini dan lebih gencar, pelaku industri pariwisata lokal DIY bisa jemput bola sehingga tidak menjadi penonton di rumah sendiri. Demikian diungkapkan Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) DIY Korwil Jawa Edwin Ismedi Himna di Yogyakarta, Minggu (20/1). 

Menurutnya, pelaku industri pariwisata khususnya biro perjalanan wisata mengeluhkan, mendekati dioperasionalkan bandara di Temon Kulonprogo tersebut masih minim sosialisasi maskapai penerbangan internasional yang akan beroperasional.

"Kami belum tahu pasti maskapai penerbangan apa yang akan masuk dan maskapai penerbangan asing yang sudah penjajakan dengan PT AP I (Persero) di bandara baru tersebut. Justru kami lebih banyak mengetahui dari pemberitaan di berbagai media massa, jika bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan dioperasionalkan minimum untuk penerbangan internasional yang sudah ada yaitu ke Singapura dan Malaysia," tuturnya.

Edwin menekankan apabila dilakukan sosialisasi lebih awal dan lebih gencar, pelaku industri pariwisata bisa jemput bola sejak sekarang. Terutama bagi pemain inbound bisa melakukan segala kesiapan sesegera mungkin. Sebagai informasi, sudah ada beberapa travel agent yang sebelumnya mempunyai kantor di Bali sekarang sudah masuk ke DIY. (Ira)

BERITA REKOMENDASI