Sosialisasi Pemilu-Pilkada 2024 Sasar Mahasiswa

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 di Yogya. Rencana kegiatan serupa akan digelar roadshow di kota-kota lainnya.

“Komunikasi sosial sebagai pendidikan politik untuk mahasiswa. Agar paham pemerintah maupun penyelenggaran pemilu tengah menjalankan proses pelaksanaan pemilu dan informasi udpate akan tersampaikan,” ungkap Direktur Kewaspadaan Nasional Kemendagri, Sri Handoko Taruna di Yogya, Selasa (26/04/2022).

Diharapkan dari sosialisasi ini mahasiswa sebagai generasi muda intelektual, agen perubahan, pilar demokrasi bisa memahami apa yang dijalankan Pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai Penyelenggara Pemilu.

“Fungsi kami memberikan pendidikan politik, pemerintah hari ini konsisten menjalankan apa yang menjadi proses target pelaksanaan Pemilu 2024 dengan menggandeng KPU selaku Penyelenggara Pemilu. Agar mahasiswa dapat menularkan pengetahuan yang didapat,” ujarnya.

Menggandeng Forum BEM DIY, sekitar 50-an mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi hadir dengan prokes. Narasumber Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan SIP MA membawakan materi persiapan penyelenggara pemilu (KPU) dalam menghadapi pelaksanaan pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Sedangkan Wakil Rektor 3 UIN Sunan Kalijaga Dr Abdur Rozaki MSi (Potret Demokrasi dan Pemilihan Umum di Indonesia). Serta narasumber lainnya Direktur Program Indonesia untuk Demokrasi Dian Permata (Pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pilkada Serentak 2024) dengan Moderator Fathor Rahman MD (Sekolah Politik Indonesia).

Koordinator BEM DIY Abdullah Ariansyah mendukung pendidikan politik yang dilakukan oleh Ditjen Polpum karena ini bermanfaat bagi mahasiswa. “Kami jadi mitra kritis pemerintah dan akan terus mengawal kebijakan pemerintah. Namun kalau tidak pro rakyat ya tetap akan kami kritisi,” tegasnya. (Vin)

BERITA REKOMENDASI