Sosialisasi Zona Integritas Layanan Sertifikat ORU Balmon Kelas I Semarang

Editor: Agus Sigit

YOGYA (KRJOGJA.com) – Balai Monitoring (Balmon) Spektrum Frekuensi Kelas I Semarang mengadakan sosialisasi penerapan zona integritas pelayanan perpanjangan sertifikat Operator Radio Umum (ORU) di Hotel El Royale Yogyakarta, Sabtu (27/11/2021). Di sela sosialisasi diluncurkan aplikasi ‘Sinau’, sebuah aplikasi untuk Lembaga Diklat, Radio Elektronika dan Operator Radio (Lemdik REOR).

Kepala Balmon Spektrum Frekuensi Kelas I Semarang, KGS A Sazili mengatakan, tujuan dari penerapan zona integritas di lingkungan Balmon Kelas I Semarang adalah peningkatan kualitas layanan yang semakin baik dan bersih dari KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme).

“Zona integritas sudah ada indikator dan aturan yang ditetapkan dari Pemerintah. Di instansi kami, upayanya dimulai dari internal pegawai kami yang harus berintegritas dan bebas KKN, setelah itu dilanjutkan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” terang Sazili kepada wartawan di sela acara.

Menurutnya, pelayanan publik yang diberikan oleh Balmon kelas I Semarang kepada masyarakat antara lain perizinan spektrum frekuensi secara online dan penanganan gangguan. Menurutnya pengguna frekuensi itu sangat banyak, seperti seluler, televisi, radio, penerbangan. “Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya dan meminimaisir kompain dari masyarakat pengguna,” katanya.

Dwi Handoko (Direktur Operasi Sumber Daya, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI) mengatakan, untuk sosialisasi perpanjangan sertifikat Operator Radio Umum (ORU) atau sertifikat kompetensi untuk pelaut, ini merupakan sebuah inovasi layanan.

“Kalau sebelumnya pengambilan sertifikat ORU harus ke Jakarta, saat ini bisa diambil di Balmon Semarang dan Balmon daerah lain, jadi ini sangat membantu para pelaut,” katanya. Kemudian terkait aplikasi ‘Sinau’, menurut Dwi Handoko, ini merupakan inovasi berkelanjutan di bidang pelayanan sertifikasi operator radio. (Dev)

BERITA REKOMENDASI