Sosiopreneur Yogya Bagi Kiat Sukses Lewat Buku

YOGYA, KRJOGJA.com – Konsultan bisnis yang juga sosiopreneur asal Yogyakarta, Ardhi Setyo Putranto menelurkan buku perdana berjudul “Business is Masterpiece” di Viglosia Building Kotabaru, Kamis (20/12/2018). Melalui buku tersebut, Ardhi membagikan pengalaman hidup mengatasi kegagalan hingga akhirnya memiliki bisnis sukses dan berkembang. 

Di sela peluncuran yang dibarengi dengan diskusi, Ardhi menceritakan bahwa buku pertamannya tersebut sengaja dikemas cukup enteng dengan tak banyak bertele-tele. Hal tersebut menurut dia sengaja dilakukan untuk menarik minat membaca anak-anak muda yang mengalami kesulitan saat memulai bisnis. 

“Saya buat cukup enteng, tidak terlalu tebal namun berusaha to the point. Saya ingin mengajak anak-anak muda untuk memulai bisnis yang tidak hanya berujung kaya saja tapi memberikan dampak sosial bagi masyarakat,” ungkap founder Banana Queen dan Maxi Consulting ini. 

Dalam buku 77 halaman tersebut, Ardhi membahas beberapa topik yang menurut dia penting dalam membangun sebuah bisnis mulai karakter building, enterpreneur mindset, bisnis development hingga sosial enterpreneur.  Bagi dia tahapan tersebut sangat penting dan harus dimiliki anak muda yang hendak turun ke dunia bisnis. 

“Saya ingin tekankan bahwa bisnis bukan hanya profit tapi juga sebuah karya. Kita harus sepenuh hati dalam menjalankannya dan tentu tak melupakan dampak sosial. Pada dasarnya kita semua mampu,” sambung lulusan S2 Manajemen UII ini. 

Di buku tersebut Ardhi sendiri tak malu menyampaikan masa sulit dengan tumpukan hutang hingga Rp 800 juta dan kiat hingga berhasil melunasi dan sukses. Ia juga membagikan kiat untuk UMKM agar bisa berkembang dan tak tergerus inflasi mata uang. 

Sementara dalam diskusi buku, Ardhi menyampaikan bahwa satu hal terpenting dalam bisnis adalah berjejaring atau network. Tanpa hal tersebut, menurut Ardhi pebisnis pemula akan kesulitan dalam pendistribusian produk. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI