Srawung Kopi Kenalkan Kopi Nganjuk di “Kampung Bule”

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Bisnis kedai kopi tampaknya masih menjadi pilihan para pebisnis untuk memperkenalkan kekayaan minuman nikmat tersebut. Berbagai jenis kopi dari daerah di Indonesia pun coba dikenalkan sebagai menu andalan menemani berbincang.

Kopi Toraja, Aceh Gayo atau bahkan Waerebo NTT sudah dikenal luas karena karakter khas masing-masing. Namun, siapa sangka kopi-kopi dari pulau Jawa memiliki rasa yang tak kalah nikmat untuk diseruput.

Pengalaman menikmati kopi dari Jawa khususnya daerah Nganjuk Jawa Timur coba ditawarkan sebuah kedai di kawasan “Kampung Bule” Prawirotaman Yogyakarta yang bernama Srawung Kopi. Kedai yang baru berdiri bulan Juli 2019 ini mengusung kopi berkualitas dari wilayah Sawahan dan Warujayeng.

“Kami ingin kenalkan kopi dari Nganjuk yang mungkin selama ini sudah dikenal tapi masih kalah dengan daerah-daerah lain yang terlebih dahulu memulai. Kami coba ambil langsung biji kopi dari petani di Sawahan dan Warujayeng agar penikmat kopi yang datang ke Srawung Kopi ini bisa merasakan perbedaan rasa menariknya,” ungkap pemilik Srawung Kopi, Agus Nizar ketika berbincang Sabtu (20/7/2019).

Agus yang sebelumnya secara langsung melakukan penelitian di Nganjuk mengungkap ada tren turun temurun masyarakat di sana untuk menikmati kopi. “Di Nganjuk sana, kopi yang dijual di angkringan atau warung kopi itu kopi asli semua, bukan sachetan. Di sini kami ingin membawa semangat itu, kopi enak dan berkualitas itu juga tidak harus mahal ditambah suasana yang asyik untuk mengobrol dengan teman,” imbuh dia.

Pemilihan lokasi di kawasan Prawirotaman pun menurut Agus membawa misi tersendiri untuk mengenalkan lebih jauh Kopi Nganjuk pada wisatawan mancanegara yang memang banyak berkunjung ke kawasan ‘bule’ di Yogya tersebut. “Untuk pengunjung perempuan bahkan kami berikan kopi gratis untuk menumbuhkan minat minum kopi. Selain berbagai jenis minuman kopi, kami juga punya makanan pendampingnya antara lain zupa soup, lasagna, spaghetti, potatos bolognise, meat lovers, nasi goreng, bakmi, egg rolls, pisang bakar dan roti bakar,” ungkapnya lagi.

Srawung Kopi berharap, dengan eksistensi mereka, kopi nusantara bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat dunia. Terlebih, karena Prawirotaman merupakan lokasi andalan singgah turis asing dari berbagai penjuru dunia. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI