Srikandi-Srikandi “Perwira” DIY Berikrar Bangkit Bersama dari Terjangan Pandemi

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – DPD Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) DIY resmi memiliki kepengurusan baru periode 2021-2026, Rabu (8/6/22/2022). Para srikandi tangguh ini menegaskan, ingin bangkit bersama usai diterjang pandemi serta mendorongUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas.

Ketua DPD Perwira DIY, Rifzika Lifia, mengatakan, salah satu program pokok yang akan digenjot selama lima tahun kedepan adalah bangkit bersama serta menaikkan kelas UMKM DIY. Potensi UMKM di DIY sangat besar dengan potensi untuk dikembangkan lagi sehingga perlu pendampingan secara serius.

“Jadi, di Yogyakarta ini banyak sekali usaha mikiri, di bawah mikro itu, karena saking kecilnya. Kita akan berupaya agar mereka bisa naik kelas. Di Yogya, genre kuliner memang sangat mendominasi, sebagian besar dibidangi oleh perempuan, atau ibu rumah tangga, usahanya itu bermula dari dapur, yang jadi aktivitas sehari-hari,” ungkapnya usai pelantikan di Hotel Tentrem.

Tidak hanya di sektor pemasaran, Perwira DIY pun siap memberikan dukungan penuh seandainya para pengusaha kecil membutuhkan sokongan modal. Perwira sudah membentuk koperasi khusus dan menjalin kerjasama baik dengan beberapa bank.

“Kita kan gabungan dari berbagai jenis usaha. Ada kuliner, fesyen, atau kerajinan, semua ada di sini. Anggota kami pun sangat antusias mendukung UMKM. Untuk pendanaan, kita ada koperasi. Anggota yang butuh tambahan modal, bisa pinjam ke sana. Kemudian, kita sudah menjalin kerjasama juga dengan perbankan. Saat ini ada BPD DIY dan BRI yang siap. Kita akan upayakan bangkit bersama,” pungkasnya. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI