Srisujak, Aplikasi Deteksi Maling Buatan Anak SMK

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Dua siswa kelas XI SMK Negeri 1 Yogyakarta yakni Noviani (16) Umi Mukholifah (16) membuktikan diri sebagai pelajar yang cukup kreatif. Kedua siswa tersebut merancang dan membuat sensor Sistem Peringatan Penyusup Jarak Jauh atau yang kemudian disebut dengan Srisujak.

Aplikasi berbasis android tersebut memiliki kegunaan yang dirasa bisa cukup membantu terutama bagi masyarakat yang sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Kepada KRjogja.com Kamis (15/9/2016) di Gedung Kotak Taman Pintar, Noviani menceritakan bagaimana mereka menghasilkan Srisujak yang ternyata menjadi salah satu terbaik karya siswa SMK se-DIY ini.

"Ada sensor PIR HC 05 di Srisujak yang bisa mendeteksi gerakan di ruangan rumah, saat ada sesuatu melewati sensor maka otomatis akan terhubung ke satu android yang kemudian akan secara otomatis menelpon nomor pemilik rumah yang sudah terinput dalam data sensor. Nah, nanti saat ditelpon yang kira-kira jaraknya hanya satu menit dari sensor mendeteksi maka pemilik bisa mendengar suara apakah itu orang atau binatang yang masuk ke rumah dan bisa melakukan langkah selanjutnya," ungkapnya.

Sensor PIR HC 05 ini diakui Noviani menjadi senjata rahasia Srisujak. "Sensor itu nanti diletakkan di sisi ruangan yang hanya diketahui pemilik rumah, jadi tak ketahuan bila ada pencuri masuk, tahu-tahu pemilik atau polisi datang dan tertangkap," imbuh Umi.

Kedua siswa ini mengaku bisa membuat sensor dengan cukup murah yakni tak lebih dari Rp 500 ribu. Namun masih ada beberapa hal yang akan dikerjakan keduanya demi menyempurnakan Srisujak.

"Kami masih punya PR, menambah alarm dan kamera biar bisa semakin maksimal. Pemilik bisa memantau langsung lewat layar hanphone, rumah semakin aman," pungkas Umi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI