Stasiun Tugu Kini Miliki Monumen Lokomotif

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemandangan pintu utama sisi selatan Stasiun Tugu Yogyakarta kini semakin berwarna. Sebuah monumen lokomotif yang berwarna kuning hijau dipasang manis tepat di halaman depan stasiun yang dapat disaksikan pengunjung ataupun pejalan kaki.

Monumen lokomotif jenis diesel dengan masa tugas mulai tahun 1961 tersebut diresmikan Rabu (12/12/2018) malam oleh Direktur Utama PT KAI Persero Edi Sukmoro yang sedang mampir ke Yogyakarta setelah melakukan inspeksi jalur selatan Pulau Jawa. Edi sempat mengungkapkan adanya monumen lokomotif tersebut diharapkan membuat Stasiun Yogyakarta semakin ikonik dan mampu menghadirkan suasana khas.

“Saya kira menarik untuk jadi ikon Stasiun Yogyakarta, suasana semakin indah di pintu selatan ini dan harapannya bisa membuat masyarakat semakin mencintai kereta api seperti harapan Pak Kadaop 6 Yogyakarta,” ungkapnya.

Sementara tak hanya monumen loko saja, sisi selatan atau zona 3 Stasiun Tugu Yogyakarta saat ini juga bersolek dengan adanya toilet portable yang mulai dioperasikan hari ini. Toilet buatan Balai Yasa Yogyakarta memanfaatkan limbah mobil bekas dan mengusung tagline ramah lingkungan ini merupakan jawaban KAI atas keinginan pengunjung stasiun yang tak mendapati adanya tiolet di zona tersebut.

“Kabar baik karena Balaiyasa punya inovasi menarik memproduksi toilet portable seperti ini. Kalau sangat bermanfaat mungkin kita tambah dan tempatkan di lokasi-lokasi yang memang butuh,” sambung Edi.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menambahkan adanya toilet portable tersebut diharapkan menjadi jawaban permasalahan pengunjung stasiun yang selama ini kesulitan jika ingin buang air. Empat bilik dalam toilet portable tersebut menurut Eko bisa digunakan secara gratis oleh pengunjung stasiun yang berada di zona 3.

“Dulu kalau dibuat permanen pasti kumuh dan yang menggunakan bukan pengunjung stasiun. Harapannya dengan dibuat portable semakin mudah dalam perawatannya dan bisa dimanfaatkan pengunjung stasiun, secara gratis,” tandasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI