Stikes Bethesda dan Puskesmas Mergangsan Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Stikes Bethesda YAKKUM Yogyakarta bekerja sama dengan Puskesma Mergangsan, Sabtu (08/01/2022) bertempat di Pendapa Kelurahan Mergangsan, menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi pra lansia dan lansia. Peserta pemeriksaan kesehatan sedikitnya 60 orang dari target 100 orang, meliputi pra lansia dan lansia di RW 22 Mergangsan, Yogyakarta.

Pemeriksaan kesehatan meliputi kontrol tekanan darah, cek gula darah, kolesterol, pengukuran berat badan dan tinggi badan. Seluruh rangkaian acara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat guna menghindari penyebaran Covid-19.

Pemeriksaan kesehatan gratis bertajuk ‘Kelompok 2 Ners XIV Bethesda YAKKUM Yogyakarta’ diperuntukkan bagi orang dewasa (pra lansia) dan lansia bertujuan untuk menciptakan kondisi stabil di bidang kesehatan pada diri masyarakat. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, nantinya akan diketahui ada-tidaknya penyakit.

Jika ada, bisa segera dirumuskan cara-cara pengobatan untuk penyembuhannya. Sedangkan jika tidak ada penyakit dalam tubuh, maka perlu dipertahankan sekaligus ditingkatkan imunitasnya agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain pemeriksaan kesehatan, dilakukan pula penyuluhan mengenai Penyakit Tidak Menular (PTM) dan senam hipertensi dengan tujuan agar masyarakat mengetahui jenis-jenis penyakit yang bisa menghinggapi tubuh dan bagaimana pula pencegahan serta pengobatannya. Sedangkan senam hipertensi bertujuan untuk menciptakan kestabilan tekanan darah. Untuk lebih menggairahkan keikutsertaan warga mengikuti pemeriksaan kesehatan, panitia juga menyediakan dooeprize menarik (berkaitan dengan kesehatan).

Salah seorang pemrakarsa kegiatan dari RS Bethesda Yogyakarta Daruji PH SKep, menyampaikan kerja sama dengan Puskesmas Mergangsan dirasa sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berniat ‘mencari dan mendapatkan’ kesehatan. Terlebih di masa pandemi Covid-19, masalah kesehatan menjadi sangat penting bagi masyarakat.

Diharapkan dengan terbentuknya kekebalan imunitas, masyarakat tidak mudah terserang berbagai penyakit, termasuk bisa menghindarkan diri dari Virus Corona. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI