Strategi Industri Kerajinan dan Batik Masa Pandemi

YOGYA, KRJOGJA.com – Industri kecil menengah (IKM) kerajinan dan batik merupakan sektor yang memiliki resiliansi yang cukup tinggi di masa-masa krisis. Seperti halnya pada krisis ekonomi tahun 1998, di tengah ketidakpastian usaha pada pandemi Covid 19 yang terjadi saat ini, IKM kerajinan dan batik berupaya mempertahankan bisnisnya antara lain dengan cara memproduksi alat pelindung diri (APD) sederhana seperti masker kain dan APD lainnya.

Kementerian Perindustrian melalu Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) di Yogyakarta berusaha terus mendorong daya saing industri kerajinan dan batik di masa pandemi.  Salah satunya dengan menyelenggarakan seminar online dengan tema “Strategi Industri Kerajinan dan Batik Mengatasi Krisis di Masa Pandemi”. Acara seminar ini merupakan wadah berbagi informasi dan diskusi bagi masyarakat dan pemangku kepentingan tentang kiat-kiat dan strategi memperkuat industri kerajinan dan batik di masa Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Kepala BBKB Titik Purwati Widowati menuturkan rangkaian acara yang dilaksanakan oleh BBKB dalam rangka memperingati HUT RI Ke-75 dan menyongsong hari Batik Nasional pada bulan Oktober mendatang. Kegiatan seminar ini diharapkan menjadi media kolaborasi yang sangat tepat dalam menghadapi tantangan  serta keberlangsungan industri kerajinan dan batik saat masa sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

BERITA REKOMENDASI