Strategi Pemda DIY Periksa Surat Rapid Antigen Wisatawan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY telah memutuskan untuk tak melakukan pemeriksaan di wilayah-wilayah perbatasan terhadap wisatawan yang akan masuk ke Yogya. Meski demikian pemda memiliki strategi tersendiri untuk tetap dapat melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap para wisatawan.

Untuk mengetahui seorang wisatawan bebas dari Covid-19 yang ditunjukkan dengan hasil rapid test antigen non reaktif, pemerintah setempat akan bekerjasama dengan pihak hotel maupun pengelola wisata. Nantinya pihak hotel maupun pengelola wisata wajib meminta wisatawan untuk menunjukkan surat hasil rapid test antigen non reaktif tersebut.

“Jika telah memiliki surat tersebut maka wisatawan boleh menginap atau masuk destinasi wisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo usai menghadiri jumpa pers capaian kinerja Badan Otorita Borobudur tahun 2020 di The Manohara Hotel, Sabtu (19/12/2020).

Namun jika seorang wisatawan belum memegang surat tersebut, maka ia tak diperkenankan menginap maupun memasuki obyek wisata. Wisatawan akan diarahkan untuk melakukan rapid test dahulu di fasilitas-fasilitas layanan kesehatan yang ada, baik itu di rumah sakit ataupun laboratorium.

Singgih Rahardjo menambahkan, untuk pengunujung di kawasan Malioboro pemeriksaan akan dilakukan secara acak. Hal tersebut lantaran Malioboro sebagai kawasan publik terbuka, berbeda dengan lokasi wisata yang memiliki pos retribusi dimana proses pemeriksaan bisa lebih mudah dilakukan.

“Sekarang bukan petugas mengejar-ngejar di perbatasan, tetapi bagaimanan tumbuh kesadaran wisatawan untuk melakukuan itu. Ini demi melindungi mereka sendiri dan orang lain di sekitarnya,” jelas Singgih Raharjo.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat maupun wisawatan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama berada di Yogya. Walau berada di lokasi wisata, namun jaga jarak harus tetap dilakukan dengan tak meninggalkan penggunaan masker dan membiasakan kebersihan diri yaitu rajin mencuci tangan. (Van)

BERITA REKOMENDASI