Street Parade Marching Band Pukau Malioboro

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com –  Ribuan peserta dari 58 tim Marching Band se-Indonesia mengikuti perlombaan nomor Street Performance Piala Raja Hamenagku Buwono X, Sabtu (26/10/2019) siang.

Penampilan para peserta memukau penonton yang memadati sisi barat dan timur pedestrian sepanjang Jalan Malioboro di akhir pekan tersebut. Siang panas di Yogyakarta ternyata tak mengurangi semangat peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaik mengkreasi gerak dan musik. Maskot, mayoret, instrumen musik tiup, perkusi, serta pit berpadu menjadi alunan indah yang jadi daya tarik tersendiri.

Staf Ahli Bidang Sosial dan Budaya Masyarakat Pemda DIY yang mewakili Sri Sultan HB X, Drs Tri Mulyono mengungkap pemda mendukung penuh terselenggaranya event tersebut dan berharap ada tuntunan yang didapatkan masyarakat dengan mengedepankan misi kultural edukatif.

"Pemerinah DIY menyambut baik dan mendukung pelaksanaan kejuaraan marching band Piala Hamengku Buwono 2019 dan street parade. Sungguh membanggakan, kejuaraan marching band Piala HB yang digelar dalam skala lokal sejak 1985 itu, kini telah berkembang menjadi skala nasional dan harapannya kedepan merambah ke tingkat internasional,” ungkap dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, ajang Piala Raja Hamengku Buwono X tersebut tahun 2020 akan diupayakan menjadi skala internasional agar menyaingi ajang serupa di Thailand yang saat ini terbaik di Asia.

Beberapa peserta luar negeri seperti dari Afrika Selatan, Jepang, Thailand dan Filipina bahkan siap datang ke Yogyakarta untuk mengikuti event yang sudah kali kedelapan digelar.

“Kami berupaya tahun depan bisa jadi skala internasional dengan peserta dari luar negeri. Kami optimis bisa terwujud karena event ini punya ciri khas tersendiri yang tak dimiliki kejuaraan lain,” ungkap Ketua Penyelenggara Nolik Maryono.

Sabtu malam ini diperlombakan nomor drum battle di Sport Hall Kridosono, mulai pukul 19.00 WIB dan nomor display atau marching show digelar di GOR Among Raga Yogyakarta, Minggu (27/10/2019) pukul 08.00 WIB. (Fxh) 

 

BERITA REKOMENDASI