Sudah 4 Kali Kaca Toilet Underground Retak, Penyebab Misterius?

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Atap Toilet Underground di kawasan titik 0 tepatnya Jalan Panembahan Senopati mengalami keretakan. Alhasil, lokasi bawah retakan yang juga akses masuk toilet berbiaya Rp 5,8 miliar tersebut ditutup agar tidak ada pengguna yang terkena apabila sewaktu-waktu mengalami pecah. 

Wintawan Alka, Pelaksana Kontraktor Toilet Underground saat dihubungi wartawan mengaku tidak mengetahui kapan persisnya kaca di bagian atas tersebut mulai mengalami keretakan. Meski demikian, diakui Wintawan retaknya kaca bagian luar toilet tersebut bukan kali pertama ini saja terjadi. 

“Ini bukan pertama kali karena sebelumnya sudah terjadi tiga kali. Kami mengganti di bagian ujung pojok selatan karena retak beberapa waktu lalu, kejadiannya diketahui malah malam hari ada suara ‘thak’, tapi ketika dicari tidak ada batu karena kami pikir sengaja dilempar orang tak bertanggungjawab,” ungkapnya ketika dihubungi Rabu (20/6/2018). 

Pihak kontraktor menurut Wintawan tidak mengetahui penyebab retaknya kaca bagian luar toilet yang baru diresmikan Desember 2017 lalu. Namun, lantaran cukup sering terjadi pihaknya akan melakukan evaluasi untuk penanganan kedepan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Kami di sini posisinya mengerjakan sesuai spesifikasi dari bagian perencanaan. Apakah bahannya sesuai atau tidak, itu dari perencanaan. Namun karena kaca seperti biasanya untuk bagian dalam mungkin ada pengaruhnya juga. Kami sudah tiga kali melakukan penggantian dan ini keempat kalinya jadi akan kami lakukan evaluasi,” ungkapnya lagi. 

Sementara menurut keterangan salah satu pengelola Yoyok, retaknya kaca di bagian atap jalur masuk ke toilet bawah tanah tersebut sudah terjadi sekitar tiga bulan lalu. Namun demikian, para petugas tidak mengetahui penyebab pasti retaknya kaca yang diklaim memiliki kualitas mumpuni tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI