Sudahi Perdebatan Logo Halal, Cermati Prosesnya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Anggota Majlis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sekaligus Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dr H Hilmy Muhammad MA berharap masyarakat tidak lagi memperdebatkan logo halal yang diluncurkan Kementerian Agama (Kemenag) belum lama ini.

“Logo sudah ditetapkan pemerintah. Jadi ya, sudah. Tidak perlu lagi diperdebatkan. Tentang logo itu tidaklah substansial. Justru yang lebih penting cermati proses sertifikasi halal itu berlangsung dengan baik, dari sejak hulu sampai hilir,” ujar Katib Syuriah PBNU tersebut saat menyelenggarakan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Komplek Q PP Al Munawwir Krapyak Yogyakarta, Minggu (20/03/2022).

Lebih lanjut, pria yang juga akrab disapa Gus Hilmy tersebut mengharapkan masyarakat tidak terpancing jika ada orang yang mencemooh logo halal. Ia menganalogikan bahwa orang yang hanya membicarakan soal bentuk dan person, berarti orang kecil. Sementara orang besar selalu bicara tentang ide.

“Sudahi urusan logo. Mari kita cermati proses halalnya. Kita ajak UMKM yang belum mendapatkan label halal, jika perlu didampingi dan didaftarkan,” ajak salah satu pengasuh Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak tersebut.

Terkait kehalalan produk, Gus Hilmy juga menyinggung tidak hanya terkait makanan, tetapi juga banyak hal termasuk bahan olahan makanan, obat dan kosmetika. Di luar hal itu, Gus Hilmy juga menekankan kejujuran, baik terkait proses mendapatkan seritifkatnya maupun dalam pengajuan kehalalan produk dengan tidak menyembungikan bahan-bahan produknya. (Feb)

BERITA REKOMENDASI