Sukamta Minta TNI Terjunkan Kopassus di Papua

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dua prajurit TNI gugur saat menunaikan tugas di Intan Jaya Papua, Jumat (22/01/2021). Keduanya ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang diduga dipimpin oleh Yosua Waker.

Prajurit atasnama Pratu Roy Febrianto dan Pratu Pratu Dedi Hamdani ditembaki pada Jumat pagi kemarin. Keduanya meninggal dunia dalam perjalanan evakuasi ke Timika menggunakan helikopter.

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengatakan pihaknya meminta pemerintah untuk segera menindaklanjuti penyerangan tersebut. Sukamta bahkan meminta pemerintah untuk menerjunkan Komando Pasukan Khusus (Kopasus) untuk menindak tegas KKB.

“Sebaiknya memang jangan dibiarkan berlarut. Negara harus segera mengambil tindakan serius untuk mengatasi KKB. Kalau perlu terjunkan Kopasus di situ dan selesaikan,” tegasnya ketika bertemu media di Yogyakarta, Sabtu (23/01/2021).

Terkait hal selanjutnya, Sukamta mengatakan sangat mungkin dibahas kemudian. Apalagi, tahun 2021 ini DPR bersiap membahas kembali UU Otonomi Khusus (Otsus) Papua yang sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

“Nanti urusan terkait Papua, bisa ditata lebih lanjut. Ini kan bertepatan dengan revisi UU Otsus Papua. Terpenting masalah ini tak boleh dibiarkan berlarut, negara harus tegas,” sambung Sukamta. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI