Sukses Pentas di Jogja, Drama ‘Mlungsungi’ Akan Digelar di Jombang

Editor: Agus Sigit

SETELAH pentas drama lakon ‘Mlungsungi’ naskah karya Emha Ainun Najib (Cak Nun) yang digelar di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) Jumat-Sabtu (25-26/3) malam berlangsung sukses. Gelaran drama yang diselengarakan Teater Reriungan bersama Progres, didukung gabungan tiga generasi seniman teater Yogyakarta dari usia 20-80-an, bakal kembali pentas melawat keluar kota di Menturo, Jombang Jawa Timur, Sabtu, 16 April 2022 malam.

Pergelaran drama cerita ‘Mlungsungi’ garapan tim sutradara Jujuk Prabowo, Fajar Suharno, berdurasi 3 jam lebih agar dapat tampil maksimal, para pemain dan tim artistik masih melakukan proses latihan secara serius. Antara lain, proses latihan untuk mematangkan dalam pengarapan pengadegan terutama bloking, akting dan iringan musik bisa saling mendukung.

Para pemain senior diantaranya Hj Sitoresmi Prabuningrat, Entien Moortri, Joko Kamto, Nevy Budianto, Margono Wedyopranasworo, Tertib Suratmo, Fajar Suharno, Merith Hindra, Daning Hudoyo, Agus ‘Leyloor’, Eko Winardi, Ami Simatupang, Nano Asmorodono, Bayu Saptomo, ketika proses latihan di Rumah Maiya Kadipiro Yogyakarta, tampak serius mempunyai semangat latihan yang tinggi. Sehingga, mampu mempengaruhi para pemain muda seperti Dinar, Hisyam A Fachri, Agus Sandiko, Harin Sumonah, Akbar, Yoyok Suryoatmojo, Ardhikarta, Sukaptiran Erli Sefnita, Estri Mega, Taufik, Tri Dwi Hastari, Santo Angsa dan pendukung lainnya, memiliki spirit latihan yang luar biasa pula. Termasuk Cak Nun, juga tampak senang melihat para pendukung drama ‘Mlungsungi’ melakukan proses latihan dilakoni dengan rasa ikhlas dan serius.

Cak Nun mengatakan, bahwa pentas drama ‘Mlungsungi’ yang akan digelar di Jombang, Jawa Timur agar dapat membangun komunikasi dengan penonton perlu konsep kemasan berbeda dengan tampil di panggung prosinium di Concert TBY. Konsep menggunakan pemanggungan teater rakyat, agar dapat membangun interaksi komunikatif akrab dengan penonton di Jombang. Karena penonton di Jombang Jawa Timur lebih bebas merdeka.Para pemain diharapkan bisa bermain maksimal dan bisa menyesuaikan dengan penonton di Jombang.

“Saya melihat semangat tim sutradara, tim artistik, dan para pemain mempunyai semangat latihan yang luar biasa, tentu dapat membuat pentas drama Mlungsungi bisa diapresiasi penonton di Jombang Jawa Timur,” papar Cak Nun, usai latihan di Rumah Maiya Kadipiro Yogya, Selasa, 12 April 2022 malam.

BERITA REKOMENDASI