Sultan Belum Akan Gunakan Danais untuk Penanganan Corona

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY terus mengintensifkan koordinasi dengan kabupaten maupun kota, termasuk soal realokasi anggaran yang dimiliki untuk penanganan Covid-19. Realokasi anggaran tersebut rencananya akan diprioritaskan untuk tiga hal yakni pertama untuk kesehatan rakyat, kedua jaringan sosial dan ketiga membantu usaha atau UMKM.

”Saat yang penting bagaimana kita bisa melakukan realokasi anggaran yang dimungkinkan oleh Undang Undang. Misalnya ada dana APBN untuk desa, sudah ada kebijakan menteri terkait untuk bisa digunakan anggarannya, kira-kira besarnya Rp 800 juta hingga Rp 2 miliar rupiah. Dari jumlah tersebut, dapat disisihkan maksimum 20 persen untuk digunakan realokasi,” kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Sultan mengungkapkan, belum berpikiran untuk menggunakan dana keistimewaan (Danais) guna penanganan Covid-19. Mengingat Danais itu, dananya berbeda dengan APBD, jadi penggunaannya perlu dikonfirmasikan (didiskusikan) dengan Kementerian Keuangan maupun Kementerian Dalam Negeri.

BERITA REKOMENDASI