Sultan Belum Beri Izin Pembelajaran Tatap Muka

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Meski Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sudah memperbolehkan bagi daerah yang berada di zona hijau dan kuning untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Namun Gubernur DIY tidak ingin tergesa-gesa dalam memutuskan pembelajaran tatap muka di sekolah di masa pandemi Covid-19. Untuk itu pihaknya belum ada rencana (memberikan izin) melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.

”Kalau dilihat dari perkembangan kasus Covid-19 di DIY yang masih naik turun. Saya kira jangan dulu lah untuk sekolah dibuka. Saya sekarang tidak tahu apa DIY masih masuk zona hijau, kuning atau malah sudah oranye. Jadi harus benarbenar cermat, seandainya pembelajaran tatap muka diadakan sebaiknya dimulai dari kampus, baru kemudian diikuti jenjang pendidikan di bawahnya,” kata Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Menurut Sultan, seandainya sekolah mau melaksanakan pembelajaran tatap muka harus melalui perencanaan secara matang. Karena dirinya tidak mau jika harus mempertaruhkan nasib anak-anak jenjang pendidikan terendah dengan mengizinkan tatap muka.

Mengingat risikonya untuk anak-anak yang terlalu besar jika sekolah dibuka tanpa perencanaan yang baik. Terlebih Yogya belum mencabut status tanggap darurat bencana Covid-19 sampai akhir Agustus.

”Guna memudahkan pemetaan dan mengetahui kondisi di lapangan. Saat ini swab massal terus kami gencarkan. Semua itu kami lakukan dengan harapan punya kepastian lebih dulu daripada coba-coba risikonya terlalu besar,” ujar Sultan. (Ria/Ira)

BERITA REKOMENDASI