Sultan Berharap Vaksin Covid Bantu Selesaikan Pandemi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah bersiap menyebarkan 100 juta vaksin Covid-19 secepatnya ke seluruh provinsi. Prioritasnya, vaksin diberikan pada warga berusia antara 18 hingga 59 tahun dan juga tenaga kesehatan dan penegak hukum yang dirasa paling riskan tertular.

Namun begitu, hingga kini penggodogan terkait uji klinis vaksin dan langkah pemerintah masih belum dipastikan. Di daerah, Pemda DIY juga belum mendapatkan kepastian terkait jumlah vaksin yang akan diterima lima kabupaten kota.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan meski belum mendapat kepastian namun Pemda DIY mengikuti prioritas sesuai arahan pemerintah pusat. Namun, hingga kini pihaknya belum mengetahui mekanisme pemberian karena masih dalam roadmap menuju ijin edar Balai POM.

“Prioritasnya untuk tenaga kesehatan karena resikonya paling besar. Kita belum tahu tapi 100 juta vaksin itu dibagi ke seluruh provinsi termasuk DIY. Namun diutamakan tahap pertama ini untuk umur 18 sampai 59 tahun, ya tidak apa-apa,” terang Sultan di Kepatihan, Kamis (22/10/2020).

BERITA REKOMENDASI