Sultan Ingatkan Kodrat Keberagaman Bangsa

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sri Sultan HB X membacakan sambutan Presiden Joko Widodo dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila di Kompleks Kepatihan, Kamis (01/06/2017). Dalam pidato sambutan yang dibacakan di hadapan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan PNS Pemda DIY tersebut, bangsa Indonesia diingatkan untuk menjaga kodrat kehidupan dalam keberagaman.

Dalam pidato sambutan tersebut Sultan menyampaikan, Indonesia sudah digariskan Tuhan ada dalam keberagaman mulai Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Rote dengan berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan. "Itulah Kebhinneka tunggal ikaan kita," terang Sultan.

Namun demikian, saat ini bangsa Indonesia sedang diuji dengan adanya pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinnekaan dan keikaan Indonesia. Sikap intoleran yang mengusung ideologi selain Pancasila muncul dengan diperparah penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan berita hoax.

Presiden, menurut Sultan mengajak masyarakat belahr dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Namun, disampaikan dengan adanya Pancasila, UUD 1945 yang dibingkai dalam NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia bisa terhindar dari masalah tersebut dan bergotong royong memajukan negeri.

Dalam pidato tersebut, presiden juga mengajak seluruh elemen bangsa mulai ulama, tokoh masyarakat, pelaku budaya, media hingga TNI dan Polri untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pemerintah juga telah berkomitmen dengan mengundangkan Peraturan Presiden nomor 54 tahun 2017 tentang unit kerja Presiden pembinaan ideologi Pancasila yang tugasnya memperkuat pengamalan dalam kehidupan sehari-hari terintegrasi dengan program pemerintah.

Presiden menurut Sultan juga meminta seluruh anak bangsa untuk menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan sesuai cita-cita bangsa. "Sekali lagi jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita, mari kita bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu membahu bergotong royong demi kemajuan Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila, kita Indonesia kita Pancasila, semua anda Indonesia semua anda Pancasila, saya Indonesia saya Pancasila," ungkap Sultan memungkasi pidato sambutan presiden. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI