Sultan Ingatkan Warga Kurangi Interaksi Langsung dengan Tetangga

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kasus aktif Covid-19 DIY mencapai angka 6.192 per 1 Februari. Jumlah kesembuhan juga meningkat (15.340) namun pasien meninggal dunia tercatat mencapai 515 orang.

Mayoritas pasien positif masih merupakan hasil tracing kontak kasus. Hal tersebut menunjukkan penularan virus di wilayah DIY masih tinggi meski Pemda DIY sudah menerapkan Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM).

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan penularan virus saat ini didominasi kontak keluarga dan tetangga. Sultan pun berharap masyarakat untuk lebih bijaksana dalam berkegiatan sehari-hari.

“Saat ini terpenting itu memotong di level bawah, desa atau RT/RW karena rata-rata penularan itu di ranah bapak, ibu, anak dan tetangga. Ini yang harus ditekan, bagaimana kalau tidak penting tidak usah nonggo,” ungkapnya pada wartawan di Kompleks Kepatihan.

Sebagai tindaklanjut, Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad bersama stakeholder terkait bersiap mengimplementasikan konsep karantina dari dusun hingga kalurahan di DIY. “Jadi ketika ada yang positif maka warga setempat akan mengawasi agar tidak bepergian dan menularkan, kalau ini jalan maka ya itu paling efektif yang bisa kita laksanakan,” tandas Noviar. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI