Sultan Mancing Bareng Warga di Embung Langensari

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Suasana di Embung Langensari Pengok Gondokusuman tampak jauh lebih ramai daripada biasanya, Jumat (23/12/2016) pagi. Ratusan orang berdatangan sembari membawa joran pancing di tangan dengan tatapan penuh keyakinan.

Ternyata di antara warga ada sosok tak biasa yang ternyata orang nomor satu di DIY. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X yang kali ini tampil dengan pakaian lebih santai tampak antusias melempar mata pancing dari sisi sebelah timur Embung Langensari.

Dua kali tercatat ikan lele berukuran sekepalan tangan berhasil diangkat oleh Sultan ke daratan. Iringan tepukan meriah dari satuan kerja perangkat daerh yang juga berada di sekitar Sultan terdengar saat ikan berhasil diangkat naik.

Sigit Sapto Raharjo, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY mengatakan acara mancing bersama ini diadakan sebagai upaya pengenalan Embung Langensari. Menurut dia, selama ini banyak diantara masyarakat yang belum mengetahui penampakan kawasan serapan air hujan yang sebenarnya sudah rampung dikerjakan beberapa waktu lalu.

"Kami ingin kenalkan Embung Langensari ini pada masyarakat luas. Nah kali ini mancing bersama Pak Gubernur (Sultan) agar suasanannya semakin akrab," ungkapnya.

Sebelum acara, tak kurang 200 kuintal ikan bawal, nila, lele, tawes dan gurami  di sebar di embung tersebut. "Nanti siang lepas pukul 12.00 masyarakat bebas mancing sampai habis, silahkan saja," imbuh Sigit. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI