Sultan Menilai TMMD Sangat Dibutuhkan Rakyat

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sri Sultan HB X menuturkan, program TMMD masih sangat dibutuhkan masyaralay. Menurut Sultan, keterlibatan TNI dalam ikut membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur wilayah masih relevan dengan kebutuhan masyarakat DIY.

“Semua itu kita lakukan agar kita bangkit dan terhindar dari ancaman disintegeasi bangsa, dengan menerapkan nilai-nilai luhur bangsa,” kata Sri Sultan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Kepala Daerah (Asekda) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan DIY, Drs Sulistyo SH di Halaman Balaikota Yogyakarta saat pembukaan TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta, Rabu (04/04/2018).

Melalui TMMD, TNI telah menunjukkan hakekat kemanunggalan, keseriusan dan kinerja maksimalnya untuk terlibat langsung dalam berbagai upaya untuk menyukseskan program percepatan pembangunan di daerah. Kemanunggalan TNI dengan rakyat menurut Sultan tak lepas dari sejarah perjuangan bangsa.

“Sangat tepat jika dikatakan TNI lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Karena itu TNI dan rakyat adalah bagaikan dua sisi mata uang yang saling melengkapi dan saling membutuhkan,” katanya.

Menurutnya TMMD telah menunjukkan kepada masyarakat bahwa fungsi teritorial TNI bukan hanya sebatas di bidang pertahanan semata, khususnya dalam menjaga dan menjamin kedaultan negara. Namun lebih dari itu TNI ternyata mampu memberikan sumbangsih yang besar dan pengaruh positif terhadap kemajuan masyarakat dan percepatan pembangunan di daerah.

Dijelaskan Sri Sultan, TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementrian atau Lembaga pemerintah non kementrian dan pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat. Oleh karenanya Sultan berpesan agar segenap Satuan Tugas (Satgas) TMMD dan masyarakat senantiasa bersinergi. (Van)

BERITA REKOMENDASI