Sultan Menjamu Raja Malaysia dengan Makanan Tradisional

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Raja Malaysia, Yang Dipertuan Agong Malaysia Al Sultan Abdullah Riayatauddin Al Mustafa Billah Shah berkunjung Kraton Yogyakarta untuk menemui Sri Sultan HB X, Rabu (28/08/2019). Kunjungan tersebut merupakan silaturahmi antara ke dua raja dari negara yang berbeda.

"Tidak ada pembahasan apa-apa, sekedar silaturahmi saja," kata Sultan di kompleks Kraton Kilen, Rabu (28/08/2019).

Sultan mengungkapkan, tamu agungnya itu sebelumnya pernah berkunjung ke Yogyakarta pada tahun 1993. Namun saat itu, Abdullah belum bergelar Dipertuan.

Dalam kunjungan tersebut, Abdullah diajak untuk melihat beberapa manuskrip budaya Yogya di dalam Kraton. Tak lupa, pihak Kraton juga menjamu rombongan Raja Malaysia dengan makanan tradisional. "Dijamu dengan masakan tradisional, bukan steak," ungkapnya.

Sultan menilai, Raja Malaysia juga pandai membatik, hal itu dilihat saat Raja Abdullah mencoba membatik dalam kunjungan tersebut. "Permaisuri GKR Hemas akan memberikan kain batik. Nanti akan dikirim ke Malaysia," tuturnya.

Pantauan KRJOGJA.com, Raja Malaysia datang bersama permaisurinya beserta tiga anak perempuannya. Al-Sultan mengenakan pakaian berwarna pink, sementara Permaisuri Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah mengenakan setelah putih.

Adapun ketiga putri Raja Abdullah tersebut yaitu, Tengku Puteri Iman Afzan, Tengku Ilisha Ameera dan Tengku Ilyana Tengku Abdull. Ketiganya kompak mengenakan baju putih dan kerudung putih.

Kedatangan Al Sultan bersama keluarga disambut terlebih dahulu oleh putri pertama Sultan, GKR Mangkubumi. Setelahnya itu Al Sultan beserta keluarga memasuki kraton, kurang lebih 10 menit kedua raja beserta rombongan keluar dan melakukan foto bersama teras Gedong Jene.

Setelah itu rombongan menuju Bangsal Kencono. Di bangsal ini, Al Sultan disuguhkan tari khusus untuk menyambut tamu yaitu Tari Lawung yang disuguhkan oleh 12 Abdi Dalam pria dengan membawa tombak. Dimana tari tersebut merupakan seni latihan keprajutitan jaman Sri Sultan HB I. (Ive)

BERITA REKOMENDASI