Sultan: Meski Gas Merapi Agak Gembos, Tetap Waspada!

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta agar warga lereng Merapi, tetap waspada. Segala kemungkinan terkait aktivitas Merapi, harus disikapi dengan mempersiapkan diri secara maksimal oleh pihak terkait. Gubernur juga berharap, jika Merapi erupsi, tidak besar seperti peristiwa yang terjadi tahun 2010 lalu.

“Kemarin biar pun Siaga, tapi kenaikan lava belum terlihat di puncak Merapi. Harus ada kekuatan gas yang besar dari bawah untuk mengangkat lava sampai atas. Berarti gas belum maksimal, karena kemarin gasnya keluar. Jadi ya agak gembos dan semoga gembos. Tapi kan kita tidak bisa memperkirakan,” tandas Sultan HB X usai memimpin gelar apel kesiapsiagaan bencana di Mako Brimob Baciro, Rabu (11/11).

Apel kemarin, juga diikuti jajaran instansi terkait yakni TNI, Basarnas DIY, BPBD DIY, Dinsos DIY serta PMI DIY. Sultan mengatakan, aktivitas Merapi masih mengalami perkembangan. “Nanti tergantung perkembangan kawah itu perhari tambahnya berapa sentimeter. Kalau sudah Siaga gini kan terus cepat,” tambahnya.

Sultan berharap ada kepastian dari BPPTKG terkait potensi ancaman Merapi, untuk mengambil upaya menyeluruh terkait potensi ancaman bencana. Jika lava meleleh, Sultan menyatakan tidak menjadi persoalan. Namun lain halnya jika terjadi letusan ke atas seperti peristiwa erupsi yang terjadi tahun 2010 lalu, sehingga segala sesuatu terkait penanganan bencana harus dipersiapkan.

BERITA REKOMENDASI