Sultan Minta Anak Putus Sekolah Lanjutkan Pendidikan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Sebanyak 562 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari lima kabupaten kota DIY bertemu Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Kantor Kepatihan Yogyakarta, Kamis (18/08/2016). Dalam kesempatan ini Sultan menyampaikan pesan pada anggota Paskibra untuk mensosialisasikan program pemerintah daerah yang mengakomodasi warga pernah sekolah yang belum mendapatkan ijazah.

"Adik-adik Paskibra bisa mengajak teman di lingkungannya yang pernah sekolah baik di SD, SMP dan SMA tapi belum dapat ijazah untuk kembali ke sekolah," ungkap Sultan.

Tak hanya itu, Sultan juga meminta anggota Paskibra untuk memanfaatkan dengan baik kesempatan yang dimiliki untuk bisa menuntut ilmu hingga jenjang saat ini. "Masih banyak yang tak bisa melanjutkan sekolah karena masalah ekonomi, jadi kalian harus bisa memanfaatkan kesempatan yang dimiliki dengan sebaik mungkin," imbuhnya.

Sementara, terpisah Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan DIY mengalokasikan Rp 6 miliar setiap tahun untuk program mengatasi putus sekolah tersebut. Namun demikian, pemanfaatannya masih sangat minim tak sampai 30 persen.

"Seperti yang tadi Sultan bilang masih sedikit pemanfaatannya padahal kita siapkan Rp 6 miliar. Kalau ada menemukan anak usia sekolah yang tidak sekolah, segera daftarkan ke sekolah nanti klaim ke pemerintah daerah," ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI