Sultan Minta Seluruh Sekolah Bisa Selenggarakan Imunisasi MR

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY, Sri Sultan HB X berharap kegiatan imunisasi Measles-Rubella (MR) atau biasa disebut Campak-Rubella dapat digelar di seluruh sekolah yang ada di daerah ini. Terkait ada delapan sekolah di DIY yang keberatan mengikuti vaksinasi MR, Sultan menduga karena belum adanya kesamaan pemahaman.

"Saya minta Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY dan stakeholder terkait untuk melakukan sejumlah pendekatan terhadap sekolah yang keberatan mengikuti vaksinasi MR. Imunisasi ini sangat penting bagi kesehatan anak, saya minta semua sekolah di DIY (SD-SMP) bisa melaksanakannya," jelas Sultan.

Kendati demikian, Sultan optimis Dinkes dengan dukungan Kanwil Kemenag DIY, Dinas Pendidikan dan pihak-pihak terkait bisa mengatasi persoalan itu. Mengenai pandangan atau anggapan bahwa vaksin yang digunakan tidak halal, hal tersebut bisa dikomunikasikan langsung dengan Dinkes untuk mendapatkan penjelasan secara detail.

Sementara itu, munculnya informasi sekolah berbasis agama yang menolak atau keberatan mengikuti program imunisasi MR turut menyita perhatian. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogya pun mengimbau agar madrasah atau sekolah di lingkungannya mendukung program tersebut.

"Sejauh itu sesuai dengan syariat dan dijamin kehalalannya maka harus diikuti. Apalagi itu menyangkut kesehatan generasi muda yang akan datang," tandas Kepala Kantor Kemenag Kota Yogya Sigit Warsito.

Menurut Sigit, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan adanya sekolah maupun madrasah di Kota Yogya yang keberatan mengikuti vaksinasi MR. Namun jika penolakan tersebut benar terjadi, maka dimungkinkan karena kondisi tertentu. Terutama kandungan dalam vaksin yang dinilai secara syariat tidak diperbolehkan. (Ria/Dhi)

BERITA REKOMENDASI