Sultan Minta Toilet Underground Jangan Sampai ‘Jenes‘

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY, Sri Sultan HB X siang meninjau secara langsung proyek revitalisasi kawasan titik 0 kilometer hingga pembuatan toilet underground di Taman Parkir Senopati, Senin (27/11/2017). Meski hujan cukup deras, Sultan tetap dengan teliti mengamati detail pengerjaan yang ditarget rampung 18 Desember 2017 mendatang.

Kepada wartawan usai peninjauan, Sultan mengharapkan toilet underground yang memang berada di kawasan strategis tempat parkir bus dan kendaraan tersebut bisa selesai sebelum libur panjang akhir tahun 2017. “Saya kira bisa dipakai untuk liburan akhir kan selesainya 18 Desember,” ungkap Sultan.

Secara khusus orang nomor satu DIY ini berharap penyelesaian toilet underground di Senopati tersebut bisa mempertimbangkan aliran air agar tetap terkesan bersih dan nyaman. “Butuh agak miring agar buangan airnya lebih cepat, kalau kata orang Jawa itu tidak ‘jenes’ karena nantinya orang tidak mau masuk,” harap Sultan.

Sementara terkait revitalisasi titik 0 kilometer, Pemda DIY kini tengah mempertimbangkan kemungkinan pemasangan kursi di area halaman Istana Gedung Agung yang selama ini memang kerap dimanfaatkan sebagai ruang publik. “Perlu dipertimbangkan membuat kursi di halaman Gedung Agung, kalau tak bisa pas di halaman ya mungkin di sebelah timur,” ungkapnya lagi.

Anggaran pembuatan tolilet underground sendiri diambilkan dari APBD DIY dengan jumlah Rp 5 miliar. Nantinya, masyarakat dan wisatawan diminta untuk menggunakan fasilitas publik tersebut secara bertanggungjawab agar tetap terjaga kebersihan dan kenyamanannya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI