Sultan Pastikan Stok Pangan di Jogja Masih Aman

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyatakan, sejumlah daerah di Indonesia mulai mengalami defisit kebutuhan pokok. Namun Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan bahwa kondisi tersebut tidak terjadi di DIY. Mengingat stok pangan yang dimiliki DIY masih aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Termasuk untuk keperluan Ramadan dan Idul Fitri.

“Soal ketersediaan bahan pangan di DIY sampai saat ini masih aman. Karena berdasarkan laporan yang saya terima stoknya masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat. Jadi masyarakat tidak perlu terlalu khawatir, karena stoknya masih aman untuk 3 sampai 6 bulan ke depan,” kata Sultan, saat dimintai tanggapan tentang mulai terjadinya defisit bahan pokok di sejumlah daerah di Indonesia, di Kompleks Kepatihan, Rabu (29/4). Adapun stok pangan yang mengalami defisit di berbagai daerah, seperti yang disampaikan Jokowi, antara lain beras, jagung, cabai bawang putih, telur ayam, serta gula.

Sultan mengungkapkan, ketersediaan bahan pokok untuk wilayah DIY dipastikan masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Apalagi sejumlah desa di DIY memiliki lumbung pangan dengan pengelolaan yang bagus. Sehingga banyak di antara mereka yang sudah bisa swasembada pangan. Untuk seandainya ada desa yang belum bisa memenuhi dapat dengan mudah diatasi.

Karena kekurangan tersebut bisa diatasi secara bersama-sama. Untuk itu Sultan meminta masyarakat tetap tenang dan tidak perlu resah. Mengingat stok bahan pokok yang dimiliki DIY masih bisa mencukupi.

BERITA REKOMENDASI