Sultan Sahkan Pembentukan Gugus Tugas Penanganan Corona

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengesahkan pembentukan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di DIY yang dipimpin langsung Wakil Gubernur (Wagub) DIY Sri Paduka Paku Alam X sebagai Ketua Pelaksana. Keputusan Gubernur guna mempercepat penanganan kasus virus korona di DIY tersebut tertuang dalam Nomor 64 /KEP/Tahun 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid -19.

“Saya sudah menandatangani pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di DIY yang akan diumumkan hari ini (Rabu, 18/03/2020). Hanya orangnya yang belum kita masukan tetapi unsur-unsur dari mana sudah ada dasarnya semua,” ujar Sultan HB X.

Sultan HB X menyampaikan dengan adanya Keputusan Gubernur ini, masyarakat DIY tidak menjadi objek tetapi subjek yang harus benar-benar siap. Hal ini menilik dari pengalaman penanganan bencana alam 2006 dan 2010 lalu di DIY. Modal sosial masyarakat di sini menjadi kekuatan jika publik merupakan subjek dalam berproses.

“Jangan mentang-mentang saya berkuasa lalu asal memutuskan tetapi masyarakatnya tidak siap. Dalam konteks bencana non alam kali ini adalah yang bisa menjaga kesehatan adalah dirinya sendiri. Semua keputusan yang diambil harus melalui banyak pertimbangan mengingat ada konsekuensi yang harus ditanggung,” tandasnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI