Sultan Sampaikan Orasi Kebangsaan dan Makan Nasi Bungkus Bersama Rakyat

YOGYA, KRJOGJA.com – Rakyat Indonesia bakal memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni mendatang. Berbagai perayaan seremonial dilakukan di seluruh daerah, salah satunya oleh warga masyarakat Yogyakarta yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Pancasila.

Berpusat di Pagelaran Kraton Yogyakarta, Kamis (1/6/2017) Gerakan Rakyat Pancasila bakal membuat acara sederhana yang seturut rencana diikuti 10 ribu orang lebih. Widihasto Wasana Putra, Ketua Penyelenggara kepada wartawan Senin (29/5/2017) mengatakan acara tersebut sengaja dibuat sebagai pengingat dasar negara Indonesia yang sebenarnya sudah final sejak tahun 1945 lalu.

"Kami memiliki panggilan kebangsaan bersama untuk mengingatkan warga bahwa Indonesia sudah final, ada dasar negara dan falsafahnya yakni Pancasila. Dewasa ini banyak yang ingin mengganti ideologi tersebut dan bertepatan hari lahir Pancasila 1 Juni maka kami menggelar acara sederhana di mana intinya yakni orasi kebangsaan dari Sri Sultan HB X di Pagelaran," ungkapnya di press room Kepatihan.

Hasto yang juga dikenal salah satu pejuang keistimewaan DIY mengungkap saat ini Indonesia seakan sengaja dipecah-pecah oleh orang-orang tak bertanggungjawab yang tak suka dengan adanya persatuan bangsa. "Kami ingin momentum acara ini jadi pengingat sekaligus langkah aktif menangkal paham ekstrim yang saat ini disebut radikalisme," imbuhnya.

Satu hal yang menurut Hasto cukup menggelitik dalam acara Gerakan Rakyat Pancasila sekaligus menyiratkan kebersamaan rakyat adalah adanya filosofi nasi bungkus yang bakal digunakan untuk buka bersama seusai acara. Ribuan nasi bungkus yang merupakan sumbangan berbagai elemen masyarakat akan dimakan bersama usai acara yang bakal diawali terlebih dahulu oleh Sri Sultan HB X.

"Semuanya berdasarkan kerelawanan, ada orang yang menyumbang 50 atau 100 atau bahkan 1000 dan inilah kekuatan rakyat yang sebenarnya. Kita pernah lakukan saat gempa 2006 dan erupsi Merapi 2010, inilah yang ingin kita gelorakan lagi yakni semangat gotong royong dan kebersamaan tanpa memandang latarbelakang," ungkapnya lagi.

Panitia pun mengundang masyarakat dari berbagai kalangan untuk hadir ke Pagelaran Kraton dan ikut serta merayakan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 pukul 15.00 hingga 17.00 WIB. "Kami berharap masyarakat bisa datang dan bergerak bersama," pungkas sekretaris Gerakan Rakyat Pancasila Paulus Kristriyanto. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI