Sultan Sempat Satu Ruangan dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY, Sri Sultan HB X sempat berada satu ruangan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat menerima kedatangan Raja Belanda Willem Alexander di Gedong Jene Kraton Yogyakarta, Rabu (11/03/2020) lalu. Basuki Hadimuljono sendiri saat ini masuk dalam Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya setelah diketahui berinteraksi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif Corona.

Walau sempat berada satu ruangan dengan Basuki Hadimuljono namun Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY memastikan Sultan saat dalam kondisi sehat alias tak terindikasi tertular virus tersebut. Kepala Dinkes DIY, Pembajun Setyaningastutie menyampaikan Sultan sudah menjalani pemeriksaan untuk memastikan kesehatannya.

“Rombongan Raja Belanda tidak ada yang tidak diperiksa. Artinya beliau itu sehat, bukannya tidak diperiksa. Itu tidak dibolehkan protokol kalau tidak sehat. Sudah diperiksa, sehat Ngarsa Dalem,” ungkapnya pada wartawan, Senin (16/03/2020).

Sebelumnya, Sultan juga menegaskan jika seluruh rombongan Raja Belanda yang datang ke Kraton Yogyakarta telah menjalani pemeriksaan. Sehingga seluruh delegasi yang datang telah dinyatakan sehat.

“Sudah dipastikan clear, semua sudah dipastikan. Nek ora yo (kalau tidak ‘sehat’), saya juga takut-takut salaman,” tegas Sultan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI