Sultan Soal Corona, DIY Tak Larang Turis China

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Merebaknya virus Corona dari Wuhan China menjadi kegelisahan banyak pihak. Namun begitu, Pemda DIY tak menerbitkan larangan turis dari China untuk datang berlibur ke wilayah Yogyakarta meski beberapa negara sudah menyatakan kewaspadaan terhadap virus ini.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengungkap turis asal China yang berkunjung ke DIY terhitung kecil jumlahnya yakni peringkat 10 dari total wisatawan mancanegara. Menurutnya Pemda DIY tak mengeluarkan larangan kunjungan wisatawan dari China ke wilayah DIY.

Baca juga :

Semakin Pedas! Harga Cabai Rawit Tembus Rp 80.000/kg
Intensitas Hujan Tinggi, Dinas Sosial DIY Pastikan Stok Logistik Aman

“Pemerintah tidak ada larangan, hanya dilarang berkunjung ke Wuhan sama mana tapi yang didalam aja gak boleh keluar yang di Wuhan. Turis dari Indonesia tidak boleh bepergian ke China,” ungkap Sultan, Senin (27/01/2020).

Namun begitu Sultan meminta warga DIY untuk sementara tak berkunjung ke China khususnya Wuhan untuk mengantisipasi terpapar virus Corona. “Himbauannnya ya (warga) sementara jangan berkunjung ke China, ke Wuhan sampai situasinya kondusif dulu,” imbuh Ngarsa Dalem.

DIY sendiri melakukan beberapa upaya pencegahan yakni menyiagakan alat deteksi termal di bandara terutama kedatangan internasional. “Ya itu, bisanya hanya di lapangan terbang  untuk melihat dengan alat ada kenaikan suhu badan ndak, lebih dari 37 derajat tidak,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI