Sultan Sudah ‘Teken’ IPL, Tol Yogya-Solo Segera Dipatok

YOGYA, KRJOGJA.com – Izin Penetapan Lokasi (IPL) Jalan Tol Yogya-Solo sudah ditandatangani Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Setelah IPL keluar, pembebasan lahan akan dilakukan maksimal dua tahun setelah IPL terbit. Sedangkan untuk persiapan pemasangan patok, Pemda DIY terus berkoordinasi dengan Satker dan akan dimulai minggu pertama Agustus 2020.

”IPL Jalan Tol Yogya-Solo sudah ditandatangani Ngarsa Dalem. Setelah IPL keluar, pemasangan patok akan dimulai pada minggu pertama Agustus. Rencananya pemasangan patok akan dilakukan dengan menyisir dari
wilayah Timur dengan perbatasan Jawa Tengah di Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Setelah itu dilanjutkan ke Kecamatan Depok, serta kecamatan lainnya sampai di Kecamatan Mlati, dimana penetapan lokasi Tol YogyaSolo berakhir di Desa Tirtoadi, Mlati,” jelas Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno usai bertemu Sultan HB X dan Sekda DIY K Baskara Aji di Gedhong Wilis Kepatihan Yogyakarta, Rabu (8/7).

Menurut Krido, Desa Tirtoadi akan dilewati Jalan Tol Yogya-Solo maupun Tol Yogya-Bawen. Tanah yang terdampak pembangunan Tol Yogya-Solo sebanyak 3.006 bidang seluas 177,5 hektare. Dari proyek sepanjang 22 kilometer ini terdapat 2.978 warga terdampak, di enam kecamatan.

Baskara Aji menambahkan, IPL Tol Yogya-Solo sudah diteken Sultan HB X lebih dari seminggu lalu. Setelah IPL keluar segera ditindaklanjuti pemasangan patok di titik-titik yang sudah ditentukan. (Ria)

BERITA REKOMENDASI