Sultan Tak Gelar Open House Idul Fitri

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Yogyakarta Sri Sultan HB X dipastikan tak bertemu dengan masyarakat secara langsung dalam momen open house Idul Fitri 2020. Pandemi Covid menjadi alasan kegiatan rutin tahunan tersebut tak diselenggarakan tahun ini.

Sekda Pemda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pelaksanaan open house yang biasanya diadakan di Bangsal Kepatihan dipastikan tak digelar tahun ini. Menurut dia, protokol kesehatan masa pandemi Covid menjadi alasan tidak diadakannya tradisi rutin di mana Sultan akan secara langsung menyalami masyarakat yang datang dari berbagai wilayah DIY.

“Rencana kita tak selenggarakan open house yang diikuti beberapa ribu orang yang biasanya digelar di Bangsal Kepatihan. Nanti akan kita ganti dengan pernyataan sapaan Idul Fitri Gubernur maupun Wakil Gubernur,” ungkap Baskara Aji, Selasa (26/5/2020).

Agenda halal bi halal bersama abdi dalem Keprajan yang biasanya juga dilaksanakan rutin pun dipastikan tidak ada tahun ini. Sultan akan menyapa masyarakat melalui media sosial yang akan dibuat oleh Pemda DIY.

“ Open house di Bangsal Kepatihan tidak kita laksanakan. Halal bi halal abdi dalem Keprajan dan kemarin penerimaan gunungan juga hanya simbolisasi diterima beberapa orang,” sambungnya.

Pemda DIY tetap berharap masyarakat melaksanakan kebijakan serupa di rumah masing-masing agar penularan virus Covid terhenti. “Harapan masyarakat juga melaksanakan di rumah tidak ada open house menerima tamu dalam jumlah banyak. Silaturahmi bisa dilakukan lewat media sosial,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI