Sultan Tak Hadiri Salat Idul Adha di Alun-alun Utara

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, shof pertama lokasi Salat Idul Adha di Alun-alun Utara terlihat kosong, Jumat (01/09/2017) pagi. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X tak tampak mengikuti ibadah Sholat Idul Adha di lokasi tersebut seperti yang lazim dilaksanakan beliau selama ini. Menurut informasi, ketidakhadiran orang nomor satu di Yogyakarat dikarenakan tengah karena sehat dan memilih menunaikan ibadah di Kraton Kilen.

Ibadah Salat Idul Adha di Alun-alun Utara berjalan dengan khidmat meski tanpa dihadiri Sultan. Bertindak sebagai khotib, H Fathurrahman Kamal yang juga merupakan Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah.

Umat Muslim dari berbagai wilayah DIY pun mulai berdatangan sejak pagi hari tadi dan langsung menuju lokasi sesuai arah yang ditentukan. Mereka lantas menggelar alas seperti koran dan sajadah untuk kemudian menjalankan ibadah salat dengan khusyuk.

Dalam khotbahnya, H Fathurrahman mengharapkan umat muslim untuk mengejawantahkan teladan Nabi Ibrahim dalam kehidupan saat ini yakni sifat kejujuran dan taat pada Allah. "Kejujuran dan keterusterangan merupakan dua hal penting yang harus kita teladani dari Nabi Ibrahim, kalau itu diwujudkan di kehidupan berbangsa saat ini maka Indonesia dapat mewujudkan semangat Pancasila yang religius," terangnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI