Sultan Tak Ikut Vaksinasi Perdana Covid DIY, Ini Alasannya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan DIY mengkonfirmasi adanya percontohan pemberian vaksin Covid-19 untuk tokoh-tokoh DIY, 14 Januari mendatang. Tokoh-tokoh pemerintahan, tokoh masyarakat hingga agama akan mendapat suntikan perdana vaksin Sinovac yang kini sudah berada di DIY.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan setidaknya ada 15 tokoh yang akan diberikan vaksin untuk pertama kali pada 14 Januari. Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, tokoh agama dan perwakilan Polda DIY serta Korem 072 Pamungkas akan mendapat suntikan perdana vaksin di DIY.

“Ngarsa Dalem tidak akan mendapat vaksinasi, nanti Pak Wagub yang akan divaksin namun beliau menyaksikan hadir langsung memberi dukungan. Vaksin Sinovac ini kan untuk 18 hingga 59 tahun dan Ngarsa Dalem usianya sudah melebihi rentang tersebut. Nanti ketika sudah ada vaksin aman untuk lansia maka akan diberikan,” ungkap Pembajun dalam jumpa pers virtual, Senin (11/01/2021).

Vaksinasi untuk tokoh-tokoh DIY sendiri dilaksanakan di Bangsal Kepatihan dengan metode yang berbeda dari vaksinasi biasanya. Penerima vaksin diharuskan berada di lokasi selama 30 menit setelah vaksin untuk mengetahui dampak ikutan pasca imunisasi.

“Para tokoh ini wajib memenuhi persyaratan yakni yang tak punya penyakit infeksi, mereka tak punya komorbid dengan level berat, ibu hamil atau menyusui dan beberapa lainnya. Nanti yang akan menerima itu dari perwakilan tokoh umat Kristiani, Hindu dan seterusnya. Mereka harus ada di lokasi selama 30 menit dulu untuk dilihat bagaimana setelah mendapatkan. Akan ada empat meja untuk dilihat seperti apa, karena kan ini vaksin baru,” sambung Pembajun.

Sementara secara keseluruhan DIY mendapat alokasi vaksin 2.605.179 dosis. Tahapan vaksinasi akan dibagi menjadi 4 yakni pertama untuk tenaga kesehatan (nakes), pelayanan publik, masyarakat rentan dan pelaku ekonomi esensial termasuk masyarakat umum.

“Tahap pertama sudah dialokasikan 26.806 dosis sudah di DIY dari Biofarma Bandung. Bahan pendamping vaksin seperti alkohol, jarum suntik sudah didistribusikan tinggal vaksinnya saja. Kami akan sebar setelah ada ijin MUI dan EUA (Emergency Use Authorization), itu terpenting,” lanjut dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI