Sultan Tak Masalah UN Dihapuskan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kebijakan pemerintah dalam hal ini Kemendikbud untuk menghapus pelaksanaan Ujian Nasional (UN) mendapat respons positif dari berbagai kalangan, termasuk Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Karena dengan adanya kebijakan tersebut diharapkan siswa bisa memiliki ruang lebih luas untuk berargumentasi dan membangun serta mendapatkan ilmu.

"Kalau saya tidak terlalu mempersoalkan adanya penghapusan UN. Apalagi di DIY setiap ujian dan proses pembelajaran sudah menggunakan komputer, sehingga sudah sama dengan dididik untuk menentukan pilihan sendiri. Selain itu dengan adanya assessment bisa berkelanjutan, jadi tidak memulai dari nol lagi karena fasilitas itu sudah dibuka, transformasi juga sudah diarahkan," terang Sultan.

Baca juga :

Safrudin Tamar, Pemuda Penyembuh Berbagai Penyakit dari Banyuurip
Perda Miras Dinilai Sudah Usang

Sultan mengungkapkan, seandainya kebijakan UN diterapkan guru tidak sekadar berfungsi mengajar murid tetapi juga melakukan pendampingan, termasuk dalam teknologi informasi. Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, ada peluang untuk memerdekakan siswa.

"Saya tidak masalah UN dihapus dalam arti memang pelajar itu dididik untuk bebas, jangan pola pikirnya itu dipenuhi oleh ideologi atau kepentingan yang sebenarnya tidak membuka ruang seseorang itu untuk berargumentasi sendiri.” ujar Sultan. (Ria)

BERITA REKOMENDASI