Sultan ‘Tanting’ Warga Taat Protokol Kesehatan Agar PTKM DIY Tak Diperpanjang

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jumlah kasus harian konfirmasi positif DIY masih di atas 200 hingga Senin (18/01/2021). Padahal, Pemda DIY sudah menerapkan Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) selama satu minggu sejak 11 Januari 2021.

Seperti tercatat Senin (18/01/2021) hari ini, penambahan kasus positif harian masih menyentuh angka 295 orang. Kasus aktif DIY per hari ini mencapai 5.282 dengan pasien meninggal 394 orang hingga kini.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X meminta masyarakat untuk menaati protokol kesehatan selama penerapan PTKM DIY. Pasalnya, bila kasus terus meninggi, tak dipungkiri kebijakan pengetatan akan diperpanjang kedepan.

“Masyarakat dalam mengurangi penularan betul-betul protokol. Jam 7 malam itu tutup kita disiplinkan betul, harapannya kondisi membaik sehingga tanggal 25 tidak akan diperpanjang. Kalau masyarakat kesadarannya kurang ini naik terus, pasti tanggal 25 diperpanjang. Kalau masyarakat tidak pernah disiplin ya pasti diperpanjang,” ungkap Sultan pada wartawan, Senin (18/01/2021).

Sultan berharap masyarakat memahami kondisi yang terjadi saat ini. Ia pun meminta warga DIY prihatin untuk sementara waktu agar kasus penularan bisa ditekan.

“Kita sekarang ngrekasa dulu, tapi harapannya setelah 25 itu bisa baik. Kalau jelek ya pasti diperpanjang (PTKM). Harapan saya masyarakat bisa menaati betul protokol kesehatan, 5 M itu,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI