Suster Syantikara Bantu Anak Kost Terdampak Corona

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 tiga bulan terakhir benar-benar menyita segala daya manusia di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia dengan Yogyakarta di dalam bagiannya. Ribuan anak kost yang didominasi mahasiswa rantau mengalami kesulitan memenuhi asupan makan setiap hari karena berbagai alasan yang melatarbelakangi.

Tertundanya kiriman orangtua karena dampak ekonomi pandemi mendominasi mayoritas alasan para mahasiswa tak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Cerita mahasiswa menggadaikan tas untuk memesan makanan dari ojek online sempat tersampaikan yang menunjukkan kondisi mereka tidak sedang baik-baik saja.

Berbagai alasan inilah yang melandasi Suster Mariati CB dan kawan-kawan di Syantikara Youth Center untuk bergerak membantu. Sejak awal April, para suster yang dibantu beberapa relawan muda membantu memberikan makan pada anak-anak kost yang berada di berbagai wilayah DIY.

Karya para suster dan beberapa insan muda ini terekam dalam diam. Cerita mereka baru tersebar, Rabu (8/7/2020) saat seorang romo bernama Edi Prasetyo SJ mengunggah kisah inspiratif tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

Suster Mariati mengungkap, sejak awal pandemi ia bersama beberapa suster di Syantikara berusaha bergerak membantu. Pada awal pandemi sekitar Maret lalu, mereka membuat olahan empon-empon dan Seruni (serai jeruk nipis) yang diberikan 50 liter perhari untuk tenaga kesehatan di rumah sakit Panti Rapih, dekat dengan lokasi biara di Jalan Kolombo.

BERITA REKOMENDASI