Susuri Rute Sejarah SO 1 Maret Kemusuk, UMBY Gelar ‘Patriot Run’

YOGYA, KRJOGJA.com – 2500 pelari memastikan diri ikut serta dalam Patriot Run yang bakal diselenggarakan Minggu (13/5/2018) pagi di kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Sedayu Bantul. Lomba lari yang mengusung tema nasionalisme ini bakal mengajak para peserta menyusuri jalur bersejarah Serangan Oemoem (SO) 1 Maret di Dusun Kemusuk sejauh 6 dan 11 kilometer.

Penggagas Patriot Run 2018, Dr. Arissetyatno Nugroho, MM.,IPU mengatakan ide mengadakan lomba lari melewati kawasan bersejarah dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme untuk para peserta. Menurut dia, sebagian besar peserta yang merupakan generasi muda diharap bisa memahami sejarah dengan cara yang lebih menarik dan menyehatkan.

“Dari data panitia, tercatat 2.500 pelari sudah mendaftar dan siap mengikuti kegiatan ini. Mereka berasal dari berbagai kota di Indonesia, termasuk ada empat pelari luar negeri. Jadi event ini bukan sebatas lari saja, tetapi ada pesan sejarah yang ingin disampaikan melalui rute yang dilewati,” ungkapnya dalam sesi konferensi pers, Jumat (11/5/2018).

Wahyu Haryaji, Ketua Panitia Patriot Run menambahkan event di Yogyakarta ini sebenarnya merupakan kali ketiga dilaksanakan setelah sebelumnya dua kali di Jakarta betajuk Edu Run dan Jakarta Campus Run. Pemilihan bulan Mei sendiri menurut dia sengaja dilakukan untuk memperingati hari-hari bersejarah yang terjadi di bulan ini.

“Dalam acara nanti ada rangkaian pemberian taman bacaan dari PLN dan Balai Pustaka di Museum Soeharto di kawasan Kemusuk. Banyak hari bersejarah di bulan Mei yakni Kembalinya Irian Barat ke RI, Serangan Oemoem 1 Maret, Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional, sehingga kami berharap peserta bisa terilhami semangat patriotisme,” ungkapnya.

Para peserta nantinya akan melewati jalur dimulai dari Kampus Pusat UMBY, melewati jalur bawah kereta api, melewati Dusun Kemusuk dengan view persawahan yang eksotis bagi peserta dari kota besar. Kategori lomba dibagi menjadi dua yakni 6 kilometer dan 11 kilometer.

“Bagi pelari hobi kami pastikan dapat pemandangan indah di Kemusuk, bisa berfoto di tepi sawah dan menikmati udara segar. Tapi peserta tetap ada cut off time yang 6 kilometer jam 07.00 WIB dan 11 kilometer jam 08.00 WIB. Kami berikan medali yang tidak lewat dari waktu cut off,” imbuhnya.

Berbagai hadiah pun disiapkan dengan total mencapai Rp 100 juta. Kategori usia pun diterapkan sehingga membuat peserta semakin tertarik mengikuti perlombaan.

Kegiatan Patriot Run 2018 sendiri dipastikan dihadiri tokoh nasional, antara lain Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubowono X, Anggota DPR RI, Siti Hediyati Haryadi, Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Sri Mulyo Handoko, Bupati Bantul H Suharsono serta pejabat lainnya. “Akan semakin spesial karena tepat pukul 06.00 WIB akan dilepas oleh Menteri Sosial Idrus Marham Sultan, akan menarik sekali,” ungkapnya lagi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI