Syauqi Suratno Calon Tunggal Ketum Asprov PSSI DIY

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Komite Pemilihan Kongres Luar Biasa (KLB) Asprov PSSI DIY Senin (11/3/2019) siang mengumumkan secara resmi bakal calon Ketua Umum (Ketum), Wakil Ketua Umum (Waketum), dan Komite Eksekutif (Exco) yang akan maju dalam pemilihan 24 Maret 2019 mendatang. Nama eks ketua Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI) yang juga pernah menjabat sebagai General Manager PSIM, Syauqi Suratno muncul sebagai bakal calon tunggal ketum. 

Ketua Komite Pemilihan KLB Asprov PSSI DIY, Armando Pribadi mengungkap ada 11 nama yang terverifikasi. Namun begitu untuk posisi calon ketum dan calon waketum hanya masing-masing satu nama yakni Syauqi Suratno untuk calon ketum dan Wahyudi Kurniawan untuk calon waketum. 

“Untuk calon exco ada sembilan yang nantinya akan dipilih lima, mekanismennya pemilihan langsung. Sementara untuk calon ketum dan waketum yang prosesnya dilakukan terlebih dahulu menggunakan sistem aklamasi dengan catatan semua voters (18 voters) harus setuju,” ungkapnya dalam konferensi pers Senin (11/3/2019). 

Armando menambahkan, apabila dari 18 voters tersebut ada yang tak menyetujui, maka Komite Pemilihan sebagai pelaksana KLB akan melaksanakan metode pemilihan untuk pembuktian. “Kalau nantinya ada yang tidak setuju maka dilakukan pemilihan, jika mendapat suara setuju 50 persen plus 1 (minimal 10 voters) maka sah terpilih,” sambungnya. 

Sementara Anggota Komite Pemilihan, Kuncoro Mangkunegoro menambahkan dari 11 nama yang diumumkan hari ini sebarannya cukup variatif hanya tanpa wakil dari Askab Bantul. “Sebarannya cukup merata ada bakal calon dari Sleman, Kulonprogo, Kota Yogyakarta dan Gunungkidul. Dari Bantul kali ini tidak ada wakil karena setelah kami komunikasi dengan Exco Askab, yang bersangkutan tidak bisa mengembalikan. Meski demikian kami apresiasi teman-teman Askab Bantul karena ini sifatnya sangat dinamis,” tandas Kuncoro. 

Kuncoro juga menyatakan bawasanya secara legal, Komite Pemilihan telah menerima surat dari PSSI Pusat terkait kewenangan memimpin KLB. “ 8 Maret 2019 kami dapat surat dari PSSI Pusat yang menunjuk Ketua Komite Pemilihan dan anggota berhak menandatangani hasil KLB dan mengirimkan ke PSSI segera setelah kongres. Ini memperkuat dasar Komite Pemilihan dalam memimpin sidang dan menguatkan kewenangan penandatanganan,” sambungnya. (Fxh)

Berikut 11 nama bakal calon yang akan ikut pemilihan dalam KLB Asprov PSSI DIY : 

1. Syauqi Suratno (calon ketum) 
2. Wahyudi Kurniawan (calon waketum)
3. Jarot Sri Kastawan (exco PSIM) 
4. Suparijan (exco Kota Yogya)
5. Siswanto (exco Kota Yogya)
6. HM Irham (exco Kota Yogya)
7. Anggar Kaswati (exco Kota Yogya) 
8. Affan Kurniawan (exco UAD)
9. M Zulkham (exco Sleman)
10. Jumantoro (exco dari Kulonprogo)
11. Sabtuhari (exco dari Gunungkidul)

 

 

BERITA REKOMENDASI