‘Taat Prokes’, Patung Polisi dan Superhero Di Jogja Pakai Masker

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Seorang aktivis sosial menggelar aksi simpatik mengingatkan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan (prokes), Sabtu (17/7/2021) siang. Ia berkeliling memasang masker di patung-patung figur yang ada di seputaran Kota Yogyakarta.

Aktivis bernama Baharuddin Kamba ini memang dikenal kerap melakukan aksi unik yang kontekstual dengan situasi terkini. Beberapa hari lalu, ia juga melakukan aksi di depan pagar Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta karena mengkritik semakin sulitnya rakyat bertemu Sultan.

Kali ini Kamba memilih melakukan aksi pasang masker dan narasi di patung-patung Kota Yogyakarta. Ia terlihat memasang masker di patung polisi simpang empat Gramedia Sudirman, lalu bergerak ke titik 0 kilometer untuk melakukan aksi serupa pada patung-patung superhero di kawasan tersebut.

Kamba mengungkap, aksi tersebut selain ajakan kepada masyarakat khususnya pengguna jalan raya agar senantiasa patuh terhadap prokes juga sebagai bentuk sindiran kepada masyarakat yang masih abai. Situasi abainya masyarakat dengan tidak menggunakan masker, dikhawatirkan membuat tren penularan Covid-19 di DIY tak kunjung turun.

“Ini yang kami khawatirkan, kita khawatirkan bersama. Kalau kita tidak taat prokes, penularan bisa terus terjadi akibatnya ya PPKM Darurat lagi. Kita semua akan semakin kesulitan karena tidak bisa bekerja mencari nafkah,” ungkapnya di sela aksi.

BERITA REKOMENDASI