Tahta Untuk Rakyat, Saat 37 Perupa Ceritakan Perjalanan Hidup Sri Sultan HB IX

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Jogja Gallery, tampak berbeda dari biasanya, Rabu (17/3/2021). 37 karya seni rupa dari seniman lintas generasi terpasang megah, yang seluruhnya tertuju pada satu sosok, Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

37 seniman lintas angkatan berpartisipasi dalam pameran bertajuk Tahta Untuk Rakyat yang diinisiasi Jogja Gallery. Mereka menceritakan penggal-penggal perjalanan HB IX yang dinarasikan dari buku berjudul Tahta Untuk Rakyat.

Ketua Penyelenggara Pameran Tahta Untuk Rakyat, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Indro Kimpling Suseno, mengungkap Sultan HB IX merupakan sosok milik rakyat dan bangsa Indonesia yang dinilai sangat tepat menjadi inspirasi. Sultan HB IX menurut Kimpling, merupakan raja yang memiliki sisi luar biasa dan tidak tergantikan sosok lainnya.

“Di berbagai bidang aktif, sepakbola, berkuda, fotografi, kemiliteran dan lain sebagainya. Namun yang paling jadi garis bawah, beliau punya nilai kerakyatan luar biasa. Bagaimana lelaku beliau yang memihak pada rakyat bangsa Indonesia, luar biasa. Sosok beliau sangat kita rindukan pada masa-masa ini. Misi kami, menyebarkan tentang betapa kekuatan seniman perupa pelukis dalam membuat suatu karya mampu mempengaruhi hati sanubari bangsa,” ungkap Kimpling dalam sesi diskusi media, Rabu (17/3/2021).

Suwarno Wisetrotomo, Kurator Pameran, menambahkan para seniman merespon narasi otentik dari kehidupan Sultan HB IX. Ada pergulatan menarik dari proses pembuatan karya yakni memadukan kepastian historis dengan ambiguitas seni.

“Pameran ini tidak biasa, seniman bekerja dipandu oleh narasi. Ada riset yang sungguh-sungguh di mana eksekusi visual tak bisa cepat dilakukan. Tema ini adalah nyata adanya, dengan figur yang sangat luar biasa. Ini membuat eksekusinya benar-benat dipikirkan. Kita bisa lihat bersama bagaimana perjalanan hidup Sultan HB IX disampaikan,” tandas dia.

BERITA REKOMENDASI