Tahun Depan Target Lebih, Realisasi Zakat Berhasil Naik 8 Persen

YOGYA, KRJOGJA.com – Realisasi penghimpunan zakat di Kota Yogya yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogya berhasil naik delapan persen. Hingga pertengahan Desember 2019 mampu terpungut Rp 5,7 miliar. Sedangkan sepanjang tahun lalu capaiannya Rp 5,3 miliar. Hingga akhir tahun ini pun dipastikan akan bertambah.

"Kalau melihat capaian ini bisa kita ketahui bahwa semakin ke depan kesadaran umat dalam berzakat dan bershodaqoh semakin tinggi," ungkap Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, Sabtu (21/12/2019).

Realisasi itu tidak hanya berasal dari zakat melainkan infak, sodaqoh serta dana sosial keagamaan lainnya. Heroe mengaku, meningkatkan realisasi itu juga menandakan kesejahteraan masyarakat ikut meningkat. Peningkatan kesadaran dikarenakan meningkatnya pemahaman akan nilai-nilai ajaran agama yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 
"Semoga sinergitas antara umat dengan Baznas senantiasa terjalin dengan harmonis agar ke depan semakin mampu memberdayakan jamaah dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

Sementara Ketua Baznas Kota Yogya Syamsul Azhari, menuturkan potensi zakat di Kota Yogya terus mengalami peningkatan selain itu tingkat kepercayaan masyarakat juga terus meningkat. Hasil realisasi itu disalurkan kepada yang berhak melalui lima program yakni Yogya Taqwa, Yogya Cerdas, Yogya Sejahtera, Yogya Sehat, dan Yogya Peduli.

Syamsul menargetkan perolehan zakat pada tahun 2020 sebesar Rp 6,8 miliar. Pihaknya akan memfokuskan zakat profesi yang hingga saat ini baru berada pada angka 40 persen atau Rp 300 juta setiap bulan, padahal potensinya bisa menembus Rp 1 miliar. "Zakat profesi ini sangat potensial dengan melihat jumlah ASN di lingkungan Pemkot Yogya yang mencapai 15.000 orang," jelasnya.

Selain itu, pada tanun 2020 Baznas juga akan menggulirkan program unggulan yakni Yogya Sejahtera Lahir dan Batin. Program itu berupa pendampingan terhadap peternak babi yang ada di Sudagaran agar beralih profesi. "Program ini sama seperti yang telah kami lakukan di Kampung Mrican. Semoga tahun 2020 bisa berjalan sesuai dengan yang kita targetkan," katanya.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI