Tahun Ini FKY akan Berganti Nama

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Keistimewaan DIY tidak sekadar berkaitan dengan kesenian, namun juga keragaman kebudayaan yang dimiliki. Untuk itu mulai tahun ini, Festival Kesenian Yogyakarta akan berubah menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY). Konsekuensi dari adanya perubahan kesenian menjadi kebudayaan tersebut, panitia penyelenggara tidak hanya akan mengadakan seni teater, tari maupun lukis. Namun juga mengemas beragam, olahraga tradisional, ritual serta aneka tradisi yang dimiliki oleh DIY.

"Mulai tahun ini FKY bukan lagi festival kesenian tapi menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY). Dengan adanya perubahan kesenian menjadi kebudayaan ini secara otomatis cakupan kerjanya juga berbeda karena tidak hanya kesenian. Namun karena konsep detailnya masih terus dimatangkan, saya belum bisa berkomentar banyak," kata Ketua Umum FKY 2019, Paksi Raras Alit.

Paksi mengatakan, DIY tidak hanya memiliki kesenian namun lebih dari itu warisan kebudayaan, baik yang tangible (benda) ataupun yang intangible (tak benda). Oleh karena itu dengan adanya perubahan dari kesenian menjadi kebudayaan diharapkan cakupan kegiatan FKY yang rencananya akan diadakan pada Juli mendatang menjadi lebih luas. Oleh karena itu, koordinasi dengan Dinas Kebudayaan DIY maupun stakeholders terkait lainnya akan terus dimatangkan.

"Terus terang saat ini kami baru pada tahap memperkenalkan konsep baru FKY ini kepada Pemda DIY maupun Dinas kebudayaan. Kedepan akan digarap budaya apa saja yang akan ditampilkan dalam FKY mendatang, supaya target yang sudah ditentukan bisa tercapai," ungkapnya. (Ria)

BERITA REKOMENDASI